MENINGKATKAN
KINERJA DAN MENURUNKAN EKSPEKTASI DEMI MENINGKATNYA KEPUASAN PELANGGAN
. Tahap
Pasca Produksi
Melakukan evaluasi dan mengukur tingkat
kepuasan pelanggan terhadap produk.
Yaitu bagaimana cara mengukur tingkat
kepuasan pelanggan terhadap produk yang kita jual
Untuk mengukur tingkat kepuasan
pelanggan, kita harus membandingkan antara ekspektasi pelanggan sebelum
mengkonsumsi produk dengan kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi produk.
Kepuasan pelanggan akan didapat apabila kinerja yang dirasakan setelah mengkonsumsi
produk lebih besar dibandingkan dengan ekspektasi sebelum mengkonsumsi produk.
Namun apabila kinerja yang dirasakan lebih kecil daripada ekspektasi, maka
pelanggan akan kecewa dan meninggalkan produk kita dan akan berpindah ke produk
lain. Untuk menghindari kekecewaan pelanggan, kita sebagai produsen harus bisa
meningkatkan kepuasan pelanggan. Hanya ada dua cara agar kita bisa meningkatkan
kepuasan pelanggan, pertama adalah meningkatkan kinerja. Kedua adalah
menurunkan ekspektasi pelanggan.
Pertama adalah meningkatkan kinerja.
Untuk meningkatkan kinerja, sudah sangat jelas hal apapun yang terkait dengan value harus
didorong menjadi yang terbaik. Misalkan produk sepatu futsal, tadinya kita
hanya mengutamakan tampilan dan bentuk, tetapi agar meningkatkan kinerja kali
ini kita juga mengutamakan kenyamanan. Jadi pelanggan akan merasa nyaman dan
”gaya” menggunakan produk sepatu futsal yang kita produksi
Cara kedua adalah menurunkan ekspektasi
pelanggan. Kita masih bisa menggunakan cara kedua yaitu menurunkan ekspektasi
pelanggan. Ekspektasi pelanggan terhadap produk pasti selalu ada, tidak mungkin
pelanggan membeli suatu produk tertentu tanpa terlebih dahulu memiliki
ekspektasi. Apabila kita ingin menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan
yang tinggi, maka selain kinerja yang harus ditingkatkan, ekspektasi pelanggan
pun harus bisa kita tekan serendah mungkin.
Sebagai contoh ketika kita pergi ke
counter HP untuk membeli hp produk
samsung. Pada saat itu produk samsung kehabisan stok karena banyaknya
permintaan barang tersebut. Konsumen kemudian memesan barang tersebut dan pemilik
counter HP mengatakan bahwa barangnya akan datang 6 hari kemudian. Ternyata 3
hari kemudian barangnya sudah ada dan pemilik konter menghubungi konsumen yang
memesan produk tadi. Padahal konsumen tadi beranggapan bahwa barangnya akan
datang pada hari ke 6 namun produsen menghubungi konsumen bahwa barangnya sudah
datang pada hari ke 3. Pada saat itulah ekspektasi pelanggan menurun.
Jadi bagi para pemasar, dalam rangka
meningkatkan kepuasan pelanggan, jangan hanya menggunakan cara pertama yaitu
meningkatkan kinerja tetapi kita juga harus menggunakan cara kedua, yaitu menurunkan
ekspektasi pelanggan serendah mungkin. Jika kedua cara itu dijalankan, maka
tingkat kepuasan pelanggan akan meningkat secara perlahan atau bisa saja secara
signifikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar